Ciri-Ciri Ambeien

Ciri-Ciri Ambeien – Ambeien atau disebut juga Hemorrhoid adalah pembengkakan pada lubang anus yang sehingga mempengaruhi pembuluh darah dan jaringan sekitarnya dan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, terutama ketika duduk.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri ambeien, diantaranya adalah :

  1. Mengeluarkan darah saat BAB
  2. Muncul benjolan di sekitar anus yang didalamnya terdapat pembuluh darah balik (vena), otot, jaringan ikat elastis. Benjolan tersebut akan membesar saat namun sebaliknya akan kembali mengecil saat rebahan.
  3. Timbul rasa nyeri pada saat BAB akibat rangsangan syaraf di sekitar anus.
  4. Bila wasir terjadi pergesekan dengan feses yang keras, maka akan menyebabkan iritasi hingga luka sehingga terjadilah pendarahan.
  5. Penderita wasir biasanya susah duduk tenang karena ada pembengkakan di rektum yang menyebabkan rasa nyeri.

Pada dasarnya jenis wasir yang dalam istilah kedokteran disebut hemorroid itu dibagi menjadi 2 yaitu : hemorroid luar dan dalam. Ciri-Ciri Ambeien luar sangatlah mudah dikenali karena adanya benjolan yang keluar disekitar anus, sedangkan ambeien dalam dikelompokkan lagi berdasarkan tingakt keparahannya.

Tingkat 1 : Ciri-Ciri Ambeien Muncul pendarahan, namun tak ada benjolan di rektum.

Tingkat 2 : Adanya benjolan, tapi benjolan tersebut bisa masuk kembali atau kempes dengan sendirinya.

Tingkat 3 : Adanya benjolan, tapi benjolan tersebut bisa masuk dengan bantuan tangan.

Tingkat 4 : Ciri-Ciri Ambeien Terjadi benjolan disertai pembekuan darah sehingga menutupi muara anus.

Ciri-ciri ambeien internal adalah biasanya terjadi di atas jalur dentate. Pada daerah ini biasanya daerah pada ano-rektal ini akan ditutupi dengan banyak lapisan atau epitel kolumnar. Pada penyakit ambeien internal ini biasanya akn menimbulkan rasa sakit yang terjadi di dalam anus. Dan untuk melakukan pengobatan ambeien internal ini terbilang cukup sulit, karena membutuhkan beberapa alat khusu yang bisa masuk ke dalam anus. Pada tahap awal dari ambeien internal ini adalah rasa gatal yang muncul pada anodermal. Namun, apabila Anda mengeluhkan rasa nyeri kemungkinan besar Anda salah dalam mengetahui ciri-ciri ambeien yang Anda alami, yakni adalah ambeien eksternal.

Sedangkan ciri-ciri ambeien dengan penyakit ambeien eskternal adalah akan menyebabkan penderitanya menjadi merasa keliru dari masalah anorektal yang terjadi lainnya. Biasanya orang berpikiran jika ciri-ciri ambeien eksternal adalah ditandai dengan susah buang airbesar, nyeri dan darah yang keluar saat sedang buang air besar. Hal ini bisa menjadi terjadinya suatu kelainan seperti kanker kolorektal atau kolitis. Dan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatakan penanganan yang serius selanjutnya.

Pada ciri-ciri ambeien, biasanya disebabkan karena ada beberapa faktor pemicu. Beberapa faktor pemicu biasanya dihubungkan dengan terjadinya kelemahan bawaan pada dinding vena, penekanan pada rahim yang terjadi oleh ibu hamil, dan aliran darah vena yang mengalami hambatan akibat dari kontraksi otot dinding rektum selama proses buang air besar sedang berlangsung. Dan oleh sebab itulah, mereka yang biasanya mempunyai gejala atau keluhan seperti susah buang air besar, gejala seterusnya yang terjadi adalah gejala penyakit wasir.

Solusi yang bisa dilakukan untuk jenis penyakit wasir ambeien adalah dengan mengubah pola makan. Pola makan dengan diet tinggi serat merupakan salah satu cara menyembuhkan ambeien. Makanan yang mengandung serat tinggi merupakan makanan yang berasal dari sumber nabati yang tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Sumber makanan berserat ini biasanya berasal dari dinding sel ata juga pada bagian yang lainnya. Dan walaupun tidak tergolong sebagai salah satu zat gizi, namun makanan yang mengandung serat merupakan salah satu jenis komponen yang paling penting di dalam asupan makanan sehari-hari. Hal ini dikarenakan serat bisa membantu menjaga kesehatan gusi dan menjaga kesehatan gigi, selain itu juga membantu mengendalikan berat badan, mengendalikan kadar gula dan juga lemak darah, serta meningkatkan penyerapan pada kalsium dan bisa membantu melancarkan sistem proses buang air besar.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan serat rendah, maka biasanya feses akan menjadi sulit untuk dikeluarkan. Itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit ambeien muncul. Makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus merupakan jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Hal ini untuk membantu mencegah terjadinya masalah susah buang air besar. Dan aktivitas dari buang air besar yang normal biasanya dilakukan paling tidak sebanyak sekalii dalam sehari. Selain itu, konsumsilah air putih yang cukup paling tidak 2 liter dalam sehari atau setara dengan 8 gelas dalam sehari. Ditambah juga dengan menu makanan yang kaya akan serat seperti sereal dan juga umbi yang berasal dari beras tumbuk, beras merah, ketan hitam, gandum, havermouth, jagung, ubi dan juga singkong. Sumber serat yang lainnya adalah berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Ciri-Ciri Ambeien


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien
=====================================


This entry was posted in Ciri Ciri Ambeien and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.